PENGARUH MEDIA VIDIO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV MATA PELAJARAN PKN DI UPT SD NEGERI 064025 MEDAN T.P. 2023/2024

TARIGAN, WIDYA RUTARY BR, 2005030117 (2024) PENGARUH MEDIA VIDIO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV MATA PELAJARAN PKN DI UPT SD NEGERI 064025 MEDAN T.P. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (899kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Media vidio animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV UPT SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2023/2024”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang siswa yakni seluruh siswa kelas IV UPT SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan media vidio animasi. Kelas IVB sebagai kelas kontrol yang di ajarkan secara konvensioal. Teknik pengambilan data penelitian adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay test. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan media vidio animasi iyalah 81,1 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 78.65 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn materi Sila-sila Pancasila lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV UPT SD Negeri 064025 Medan T.A. 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: animated video, learning outcomes,Pkn
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IITina Sheba Cornelia Sitompul, M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: WIDYA RUTARY BR TARIGAN
Date Deposited: 30 May 2024 07:44
Last Modified: 30 May 2024 07:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item