BOANG MANALU, DOMINIKUS PANGIHUTAN, 2005030293 (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH KEC.TIGAPANAH T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
sampul repository domi.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (159kB) |
|
Text
abstrak repository domi.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (23kB) |
|
Text
BAB I repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (152kB) |
|
Text
BAB II repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (444kB) |
|
Text
BAB III repository.docx Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
|
Text
dapus repostory domi.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (21kB) |
|
Text
lampiran repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Outdoor Learning, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Media Poster, dan pengaruh penggunaan Metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 040527 Tigapanah Tahun Ajar 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 040527 Tigapanah Tahun Ajar 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas IV yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 75,4 dan eksperimen = 80,2. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai X2hitung = 15,2 dan nilai X2tabel = 7,81 karena X2hitung > X2tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Outdoor Learning Method, Science Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School 300 Sosial Science > 370 Education > 372.21 Pre School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Dominikus Pangihutan Boang Manalu | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 09:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 09:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
View Item |