PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDING) TERHADAPAT HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS IV SDN 173593 PARSOBURAN T.P 2023/2024

PARDOSI, NOPITA SARI, 2005030237 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDING) TERHADAPAT HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS IV SDN 173593 PARSOBURAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (997kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (907kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PDC (Preparing, Doing, Concluding) terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas IV SDN 173593 Parsoburan Kec Habinsaran Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 173593 Parsoburan kec Habinsaran yang terdiri 2 kelas dan berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian diambil secara Purposive Sampling. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B, yang masing-masing kelas berjumlah 19 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PDC adalah 78,42 dengan standar deviasi 7.8332 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 60 dengan standar deviasi 11,72. Rata- Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung>ttabel. Maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PDC (Preparing, Doing, Concluding) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas IV B SDN 173593 Parsoburan Kec. Habinsaran T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PDC (Preparing, Doing, Concluding) Learning Model, Conventional Learning Model, Learning Results, Retention
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, S.Pd, M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIRestio Br Sidebang, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOPITA SARI PARDOSI
Date Deposited: 30 May 2024 07:56
Last Modified: 30 May 2024 07:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item