MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PULUNGAN, VEVI FEBRIANI BR, 1505030483 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasipada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat – sifatnya di kelas V SD Negeri 044825 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044825 Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 044825 Berastagi yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan metode demonstrasipada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat – sifatnya di kelas V SD Negeri 044825 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diproleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 78,3% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84, serta yang tuntas secara individu 27 orang secara klasikal 90%, dan rata – rata 78,33.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIDrs. Sejahtera, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 07:48
Last Modified: 23 Feb 2021 09:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item