PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2023/2024

GINTING, EMA TRIANA BR, 2005030149 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1-COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2 (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (512kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (570kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media dadu kata bergambar dalam menentukan pemilihan studi lanjut kelas 1 SD Negeri 107436 Rumah Lengo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan media dadu kata bergambar di kelas I SDN 107436 Rumah Lengo.Bagaimana pengaruh pada penggunaan media pembelajaran dadu kata bergambar terhadap hasil belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 107436 Rumah Lengo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 10 siswa. Tehnkik pengumpulan data dengan menggunakan isntrumen penelitian yang berjumlah 15 soal. Hasil analisis diperoleh bahwa hasil awal (pretest) diperoleh rata-rata =6,9 , dan data hasil akhir (posttest) diperoleh rata-rata = 9,1. Hasil analisis dari uji T-test (paired sampel test) menunjukkan bahwa nilai t sebesar 48,04 dengan taraf signifikannya 5% sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh media dadu kata bergambar dalam menentukan studi lanjut siswa kelas 1 SDN 107436 Rumah Lengo.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Effect of Using Picture Word Dice Media
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd.,M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIVERA DEWI KARTINI OMPUSUNGGU, S.Pd., M.Pverakartini@gmail.comNIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EMA TRIANA BR GINTING
Date Deposited: 31 May 2024 04:32
Last Modified: 31 May 2024 04:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item