PENGARUH MEDIA PAPAN BACA TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PERMATASARI, DHEA, 1905030097 (2024) PENGARUH MEDIA PAPAN BACA TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL dhea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (1) dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I (1) dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II (3) dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V (1) dea.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2) dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN (1) dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Media Papan Baca pada materi Dongeng di kelas I SD Negeri 105267 Sei Mencirim Sunggal. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah kurangnya minat belajar siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas I A 76 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan Media Papan Baca dan kelas I B 58 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Media Papan Baca dikelas eksperimen dan tanpa Media Papan Baca kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a = 0,05.Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Media Papan Baca terhadap keterampilan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa materi Dongeng Tahun Ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Reading Board Media
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IISiti Zahara H Harahap, S.Pd., M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DHEA PERMATASARI
Date Deposited: 31 May 2024 04:25
Last Modified: 31 May 2024 04:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item