PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARTUN PADA MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

WULANDARI , AYU, 2005030110 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARTUN PADA MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRACT Ayu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)
[img] Text
BAB 1 Ayu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
BAB 2 Ayu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (886kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN RREPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum sekolah dasar. Dalam era digital saat ini, teknologi multimedia seperti media video animasi kartun menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA. Media tersebut memiliki keunggulan visual yang menarik perhatian serta mampu menyampaikan informasi secara interaktif dan menyenangkan bagi siswa, masih banyak pengajar yang belum mengembangkan media pembelajarannya yang efektif bagi siswa. Oleh sebeb itu, dalam penelitian ini akan mengembangkan metode pembelajaran menggunakan “Media Video Animasi Kartun”. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2024 di kelas III SDN 064023 Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and develompent / R & D). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi kartun yang dikembangkan peneliti untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evalution). Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi kartun materi yang dikembangkan peneliti dilihat dari hasil keseluruhan penilaian dari 2 validator yaitu validator media dan validator materi di peroleh presentase rata-rata sebesar 86,25% dengan kriteria sangan valid dan dapat digunakan. Tingkat kepraktisan media pembelajaran video animasi kartun materi ciri-ciri makhluk hidup peneliti dilihat dari penilaian guru walikelas III Sd dan angket respon siswa dengan skala yang berjumblah 6 orang siswa, diperoleh presentase rata-rata sebesar 88,24% dengan kriteria sangat praktis

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Science (IPA) Elementary School, Cartoon Animation Video Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Joen Parningotan Purba, S.Pd.,M.Pd.joenpoerba@gmail.comNIDN. 0107118802
Pembimbing IIPaska Sri Ulina Tarigan, S.Pd.,M.Pd.paskasriulina@gmail.comNIDN. 0116049601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AYU WULANDARI
Date Deposited: 31 May 2024 07:43
Last Modified: 31 May 2024 07:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item