PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL )TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD N 101854 SEI MENCIRIM T.A 2023/2024

SURBAKTI, FACHRUJI REZA, 2005030042 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL )TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD N 101854 SEI MENCIRIM T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul reza surbakti.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
Bab I Reza.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
Bab 2 Reza.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (616kB)
[img] Text
Bab III-V Reza.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka reza.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
Lampiran Baru reeezaa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; (2) hasil belajar matematika tanpa pengunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; (3) pengaruh yang signifikan yang mengunakan model PBL dan tanpa penggunaan model PBL di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 2 kelas dengan pembagian kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil penilaian pretest-posttest. Teknik Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada kelas yang menerapkan PBL terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil belajar kelas yang tidak menggunakan PBL tidak terdapat peningkatan signifikan. Hasil perbandingan uji-t pada 0020skor pretest-posttest kelas kontrol dengan skor pretest-posttest kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 80,891 dengan df = 37. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang sudah menerapkan PBL terbukti efektif sebagai model pembelajaran matematika di kelas IV dalam materi kubus dan ruang di SD N 101854 Sei Mencirim T.A 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model, Mathematics Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M,Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIRita Herlina BR PA, S.Pd, M,Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FACHRUJI REZA SURBAKTI
Date Deposited: 31 May 2024 02:58
Last Modified: 31 May 2024 02:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item