SURBAKTI, FACHRUJI REZA, 2005030042 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL )TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD N 101854 SEI MENCIRIM T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
sampul reza surbakti.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (256kB) |
|
Text
Bab I Reza.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (380kB) |
|
Text
Bab 2 Reza.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (616kB) |
|
Text
Bab III-V Reza.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka reza.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
|
Text
Lampiran Baru reeezaa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; (2) hasil belajar matematika tanpa pengunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; (3) pengaruh yang signifikan yang mengunakan model PBL dan tanpa penggunaan model PBL di kelas IV SD N 101854 Sei Mencirim; Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 2 kelas dengan pembagian kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil penilaian pretest-posttest. Teknik Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada kelas yang menerapkan PBL terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil belajar kelas yang tidak menggunakan PBL tidak terdapat peningkatan signifikan. Hasil perbandingan uji-t pada 0020skor pretest-posttest kelas kontrol dengan skor pretest-posttest kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 80,891 dengan df = 37. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang sudah menerapkan PBL terbukti efektif sebagai model pembelajaran matematika di kelas IV dalam materi kubus dan ruang di SD N 101854 Sei Mencirim T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Model, Mathematics Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | FACHRUJI REZA SURBAKTI | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 02:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
View Item |