PARAPAT, MARINA SURI BR, 2005030027 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V SDN 104219 TANJUNG ANOM T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (501kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (215kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (211kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (363kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (577kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (188kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Media Diorama pada materi ekosistem kelas V SDN 104219 Tanjung Anom. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah hasil belajar siswa kelas V SDN 104219 Tanjung Anom kurang optimal dan pembelajaran IPA belum sepenuhnya menggunakan media dikarenakan keterbatasan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 51 siswa. Sempel dalam penelitian ini yaitu kelas V-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebanyak 25 siswa sebagai kelas Eksperimen. Hasil nilai rata-rata pre test kelas V-A di peroleh 68,65 sedangkan nilai pre test V-B 57,8. Hasil belajar rata-rata nilai post test kelas kontrol V-A diperoleh 74,62 sedang siswa kelas eksperimen diperoleh 80,8. Adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pembelajaran IPA dengan menggunakan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SDN 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diorama Media, learning outcomes, science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | MARINA SURI BR PARAPAT | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2860 |
Actions (login required)
View Item |