PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 105268 PASAR VIII DESA TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023

NAIBAHO, DELLA OKTAVIA, 1905030144 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 105268 PASAR VIII DESA TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105268 Pasar VIII Desa Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023 (2); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV Sd Negeri 105268 Pasar VIII Desa Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023 (3); untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pelajaran dengan Media Gambar Terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105268 Pasar VIII Desa Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023. Masalah yang di alami di sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan. Sampel siswa kelas IV sebanyak 2 kelas berjumlah 30 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes Akhir siswa diperoleh 82,67 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 58,92. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t_hitung > t_tabel dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 105268 Pasar VIII Desa Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Image Media, Learning Outcomes, Science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNDIN. 0110068902
Pembimbing IIDr Gemala Widiyarti, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DELLA OKTAVIA NAIBAHO
Date Deposited: 31 May 2024 08:43
Last Modified: 31 May 2024 08:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item