PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 067244 SEMPAKATA T.P 2023/2024

BANGUN, ECA PRANCISKA BR, 2005030111 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 067244 SEMPAKATA T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
ABSRAK SEMHAS.pdf 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)
[img] Text
bab 1 rep.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
bab 2 rep.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[img] Text
bab 3-5 rep.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (880kB)
[img] Text
daftar pustaka rep.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] Text
lampiran rep.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Penelitian ini dilatar belaki oleh lemahnyapemahaman siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia, disebabkan dalam proses pembelajaran tidak mengunakan media dan terlalu fokus mengunkan buku guru dan siswa. Hal ini membuat siswa susah dalam memahami materi. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengunkan penunjang pembelajaran khusunya mengunkan media flash card dalam kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penilitian adalah penelitian pengembangan yaitu mengunkan model pengembangan EDDIE yaitu terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis (analyze), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Kelima tahap itu dilakukan melalui analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa dan analisis karakteristik siswakemudia uji validasi oleh 3 orang validator (tim ahli), uji praktilitas oleh guru wali kelas, setelah di kategorikan valid dan praktis selanjutnya di dilakukan uji efektifitas. Hasil penilaian validasi media flash card pembelajaran bahasa indonesia pada uji validitas oleh tiga orang ahli, ahli materi mempunyai skor rata-rata 90% Termasuk dalam kategori sangat valid, ahli media dengan skor rata-rata 95% dikategorikan sangat valid, sedangkan hasil efektifitas dengan skor rata-rata 92,5% dikategorikan sangat praktis

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Media Flash Card, Beginning Reading, ADDIE
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr.JOEN PARNINGOTAN PURBA, S.Pd.,M.Pdjoenpoerba@gmail.comNIDN. 0107118802
Pembimbing IIPASKA SRI ULINA TARIGAN, S.Pd.,M,Pdpaskasriulina@gmail.comNIDN. 0116049601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ECA PRANCISKA BR BANGUN
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:53
Last Modified: 04 Jun 2024 02:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item