TARIGAN, AGNES JUNITHA, 2005030068 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 067244 SEMPAKATA T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
cover rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (381kB) |
|
Text
abstrak rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (157kB) |
|
Text
bab 1 rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (387kB) |
|
Text
bab 2 rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (614kB) |
|
Text
bab 3-5 rep agnes.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (615kB) |
|
Text
daftar pustaka rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (153kB) |
|
Text
lampiran rep agnes.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang semangat belajar serta kurang aktif di kelas apalagi dengan pelajaran IPA siswa lebih cenderung bosan dan malas. Hal ini membuat siswa sulit dalam memahami materi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan penunjang pembelajaran khususnya menggunakan media bahan ajar dalam memahami materi IPA yaitu energi dan perubahan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evalutation). Kelima tahap itu dilakukan melalui analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa dan analisis karakteristik siswa dan di uji oleh 3 orang validator (tim ahli), uji kepraktisan oleh guru wali kelas, setelah dikategorikan valid dan praktis selanjutnya dilakukan uji efektivitas. Hasil penilaian validasi pada media bahan ajar pembelajaran IPA pada uji validitas. Ahli materi mempunyai skor rata-rata 95% termasuk dalam kategori sangat valid, ahli media dengan skor rata-rata 82,5% dikategorikan sangat valid dan tingkat kepraktisan yang diperoleh rata-rata dari guru dan siswa ialah 87,83% termasuk dalam kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, teaching material media, ADDIE | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | AGNES JUNITHA TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:10 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2888 |
Actions (login required)
View Item |