PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 104217 SIDOMULYO KEC. BIRU-BIRU TA.2022/2023

GURU SINGA, LOLITA, 1905030227 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 104217 SIDOMULYO KEC. BIRU-BIRU TA.2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (146kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (240kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
BAB III-V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (691kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunkan Model Pembelajaran Index Card Match di kelas V SDN 104217 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 25 orang kelas ekperimen dan 25 orang kelas kontrol. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 81 di kelas ekprimen dan rata-rata 65.8 di kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas ekprimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relatif. Berdasarkan uji t maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.93 > 2.34 dengan taraf signifikan 0.05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 104217 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match Learning Model and Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIPANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0010026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LOLITA GURU SINGA
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:07
Last Modified: 04 Jun 2024 08:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item