PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105308 NAMO BINTANG T.P 2023/2024

KACARIBU, PIRDANANTA, 2005030192 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105308 NAMO BINTANG T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPULmerged.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (807kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (61kB)
[img] Text
bab 1-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAPUS (1)-68-69.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik mata pelajaran IPA terkhusus materi Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna di Indonesia kelas V SD/MI di semester genap sesuai dengan kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan (Research and Development/ R and D), dengan model ADDIE yaitu (a). Analisis (b) Desain (c). Development (d). Implement (e). Evaluasi. Subjek Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105308 Namo Bintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan uji coba skala kecil dengan siswa yang dipilih berjumlah 6 orang anak yang terdiri dari 3 siswa putra dan 3 siswa putri. Pengumpulan data dengan teknik studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner berupa angket. Hasil penelitian ini adalah Tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis komik dari kedua validator yaitu validator media dan validator materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan, Tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis komik dapat dilihat dari penilaian guru wali kelas V SD dan angket respon siswa dengan skala kecil yang berjumlah 6 orang siswa, diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,505% dengan kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik, IPA

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Comic Media, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PIRDANANTA KACARIBU
Date Deposited: 04 Jun 2024 09:27
Last Modified: 04 Jun 2024 09:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item