PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

SEMBIRING, SEMINTA BR, 2005030147 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
Abstrak-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (498kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (516kB)
[img] Text
Bab II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (807kB)
[img] Text
Bab III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
Lampiran-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, Bagaimana hasil belajar siswa tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing, dan Apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mata pelajaran IPA dengan materi panas dan perpindahannya SD Negeri 060930 Medan Johor tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VA (eksperimen) sebanyak 15 siswa, yang menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing dan kelas VB (Kontrol) yang berjumlah 15 siswa tanapa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri termbimbing iyalah 83,5 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 70,6 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dengan hasil Thitung 2,53 > Ttabel 2,05, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas V SD Negeri 060930 Medan Johor 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Guided Inquiry Model, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr. Dedi Holden Simbolon, S.si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
UNSPECIFIEDHasni Suciawati, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SEMINTA BR SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:44
Last Modified: 05 Jun 2024 08:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item