SEMBIRING, SEMINTA BR, 2005030147 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Sampul-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (797kB) |
|
Text
Abstrak-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (498kB) |
|
Text
Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (516kB) |
|
Text
Bab II-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (807kB) |
|
Text
Bab III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (413kB) |
|
Text
Lampiran-2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, Bagaimana hasil belajar siswa tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing, dan Apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mata pelajaran IPA dengan materi panas dan perpindahannya SD Negeri 060930 Medan Johor tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VA (eksperimen) sebanyak 15 siswa, yang menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing dan kelas VB (Kontrol) yang berjumlah 15 siswa tanapa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri termbimbing iyalah 83,5 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 70,6 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dengan hasil Thitung 2,53 > Ttabel 2,05, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas V SD Negeri 060930 Medan Johor 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Guided Inquiry Model, Science Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SEMINTA BR SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2024 08:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Jun 2024 08:44 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2900 |
Actions (login required)
View Item |