PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENDA ANGKASA LUAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 060934 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

PANDIANGAN, LAMBOK PERDOYANTO, 2005030310 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENDA ANGKASA LUAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 060934 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
BAB I revisi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (496kB)
[img] Text
BAB II revisi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
Lampiran (7).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPA dengan materi Benda Angkasa Luar kelas VI SDN 060934 Medan Johor, 2) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPA dengan materi Benda Angkasa Luar dikelas VI SDN 060934 Medan Johor, 3) Pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 060934 Medan Johor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang ditimbulkan pada subyek yaitu siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060934 Mean Johor T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VI SDN 060934 Medan Johor yang terdiri dari 44 orang siswa. sampel dalam yaitu siswa kelas VI A dan VI B SD Negeri 060934 Kecamatan Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar IPA siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning pada materi benda angkasa luar kelas 6 SDN 060934 T.P 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata 80. (2) Hasil belajar IPA siswa tanpa menggunakan model discovery learning pada materi benda angkasa luar kelas 6 SDN 06 09 34 tahun pelajaran 2023-2024 diperoleh nilai rata-rata 66.68. (3) Terdapat pengaruh signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh nilai thitung lebih besar dari t tabel 4.72 > 2.02, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 6 SDN 0609 34 Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Discovery Learning Model, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
Pembimbing IIVina Maria Ompusunggu, S.Sos., MSPvinaompusunggu@gmail.comNIDN. 0107038901/01070389
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LAMBOK PERDOYANTO PANDIANGAN
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:15
Last Modified: 07 Jun 2024 03:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item