PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040531 DOKAN KEC.MEREK TA.2023/2024

TARIGAN, RESI MARGARETA, 2005030014 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040531 DOKAN KEC.MEREK TA.2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsi di SD Negeri 040531 Dokan Kec.Merek. dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen atau peneitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas IV, baik dari kelas IV-A dan IV-B. Dengan jumlah siswa IV-A sebanyak 15 siswa yang menjadi kelas eksperimen, dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kemudian jumlah siswa kelas IV-B sebanyak 15 siswa yang menjadi kelas kontrol, tanpa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan maka hasil Pre Test yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata nilai 68,3 dan setelah melakukan perlakuan dengan model Problem Based Learning (PBL) maka kelas eksperimen yang diberi soal post test. Maka nilai post test yang diperoleh kelas eksperimen dengan rata-rata 89,3 maka tingkat ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV-A mencapai 89% dari yang tidak tuntas sebanyak 11%. Sedangkan hasil pre test yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 69,6 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) maka kelas kontrol diberi soal post test. Maka nilai post test yang diperoleh kelas kontrol dengna rata-rata 80 maka tingkat ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV-B mencapai 74% dan yang tidak tuntas sebanyak 26%. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan maka memperoleh yaitu thitung = 2,22 dan ttabel yang diperoleh dari hasil interpolasi data ttabel yaitu 1,99. thitung > ttabel yang artinya adanya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 040531Doakan Kec.Merek Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, Problem Based Learning (PBL) model,science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIMuhamamad Daliani, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Resi Margareta Tarigan
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:19
Last Modified: 07 Jun 2024 03:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item