PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060493 MEDAN JOHOR

PANJAITAN, TIOPAN ANDIKA, 2005030106 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060493 MEDAN JOHOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALTY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model team games tournament pada mata pelajaran IPA alat indrea pada manusia kelas V UPT SDN 060493 Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model team games tournaments pada mata pelajaran IPA alat indra pada manusia kelas V UPT SDN 060493 Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024, 3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode team games tournaments terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA alat indra pada manusia kelas V UPT SDN 060493 Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subyek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V, VA berjumlah 22 siswa dan VB berjumlah 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil Belajar Siswa tanpa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Games Tournaments pada Pembelajaran IPA Materi Panca Indra Manusia yaitu sebesar 62. (2) Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Games Tournaments pada Pembelajaran IPA Materi Panca Indra Manusia yaitu sebesar 72. (3) Terdapat Adanya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments pada Pembelajaran IPA Materi Panca Indra pada Manusia siswa dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas V yaitu thitung sebesar 3,33 dan nilai ttabel sebesar 2,02, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan penggunan model Team Games Tournament terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Alat indra Pada Manusia kelas V UPT SDN 060493 Medan johor Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative team games tournament type, Science lessons
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd.dediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
Pembimbing IIVina Maria Ompusunggu, M.SP S.Sosvinaompusunggu@gmail.comNIDN. 0107038901/01070389
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tiopan Andika Panjaitan
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:13
Last Modified: 07 Jun 2024 03:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item