PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD QUANTUM SCHOOL MEDAN T.P 2023/2024

GINTING, ELINNE YOANKA, 2005030122 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD QUANTUM SCHOOL MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
BAB III- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
Lampiran Elinne.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together, dan pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi Perubahan Bentuk Energi di kelas IV SD Quantum School Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan menggunakan model pembelajaran Number Head Together. Kelas IVB sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Insturmen penelitian ini adalah tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV A mendapat nilai rata-rata 39 setelah diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Number Head Together, hasil tes akhir rata-rata siswa kelas IV A menjadi 82. Dan hasil belajar IPA di kelas IV B mendapat nilai rata-rata 38 setelah diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional hasil tes akhir rata-rata siswa kelas IV B menjadi 66. Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Bentuk Energi di kelas IV SD Quantum School Medan TP. 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji statistik hasil belajar siswa di peroleh Thitung > Ttabel ( 3,0882 > 1,6859) maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Number Head Together (NHT)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELINNE YOANKA GINTING
Date Deposited: 08 Jun 2024 05:42
Last Modified: 08 Jun 2024 05:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item