PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD QUANTUM SCHOOL MEDAN T.P 2023/2024

NURJANNAH, PUTRI KHOIRIYYAH, 2005030154 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD QUANTUM SCHOOL MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (564kB)
[img] Text
BAB III IV V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar belajar IPA siswa kelas IV SD Quantum School Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 orang siswa yakni seluruh kelas IV SD Quantum School Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan teknik pemilihan yaitu total sampek di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Kelas IV B sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV A mendapat nilai rata-rata 41 setelah diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Inkuiri, hasil tes akhir rata-rata siswa kelas IV A menjadi 93. Dan hasil belajar IPA di kelas IV B mendapat nilai rata-rata 47 setelah diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional hasil tes akhir rata-rata siswa kelas IV B menjadi 90. Serta hasil uji signifikansi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model Inkuiri dari pada menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Quantum School Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Results, Science Learning Inquiry
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd.,M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PUTRI KHOIRIYYAH NURJANNAH
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:20
Last Modified: 10 Jun 2024 04:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item