PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DiKELAS V UPT SD NEGERI 060914

HUTABLIAN, ROSALINDA BR, 2005030233 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DiKELAS V UPT SD NEGERI 060914. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER ATAU SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III, IV,V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
CD DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk terdiri dari (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya di kelas V UPT SD Negeri 060914, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya di kelas V UPT SD negeri 060914, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPA materi Benda dan sifatnya. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah UPT SD negeri 060914 Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yang digunakan quasi eksperimen. Pada penelitian ini sampe yang digunakan 41 peserta didik, dengan penjabaran 22 peserta didik kelas VA sebagai kelas kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran tipe Talking Stick, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 19 peserta didik di kelas VB tidak menerapkan model pembelajaran tipe Talking Stick. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berbentuk pilihan berganda berjumlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas setelah melakukan analisis data terhadap hasil belajar penelitian maka diperoleh (1). Hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick materi benda dan sifatnya diperoleh nilai rata-rata 88,42 dengan kriteria tinggi, (2). Hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick materi benda dan sifatnya diperoleh nilai rata-rata 82,72 dengan kriteria rendah. Dan (3). Ada pengaruh yang signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya kelas V UPT SD negeri 060914 Kec. Medan Sunggal Tahun Ajaran 2023/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence of the talking Stick type learning model, learning outcomes,objects and their characteristics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, S.Pd, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IIRenato Gema Nugraha Hutabarat, SS, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROSALINDA BR HUTABALIAN
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:30
Last Modified: 27 Jun 2024 08:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item