MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, DESI LESTARI BR, 1505030347 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (352kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajara IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda dan lembar kerja. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksaan pembelajaran hasil observasi guru adalah 60 kategori cukup dan observasi aktivitas siswa adalah 64 sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup. Sedangkan tes siklus II dengan adanya perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 78,8% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 27 siswa dari 30 siswa dan yang tidak tuntas belajarnya 3 siswa dari 30 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata-rata 84

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Feb 2020 09:01
Last Modified: 20 Mar 2021 05:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item