MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

PANDIA, RAMAYANA BR, 1505030349 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (884kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (880kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana penerapan model pembelajarsan kooperatif picure and picture pada pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019, bagaimana keaktifan siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 , berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajar IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 . Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019. Adapun objek penelitiannya dilakukan di SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture and Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 tergolong baik.Hasil penelitian hasil Observasi Aktivitas Guru Siklus I 60 %,sedangkan hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus I 68%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa persentasi tingkat keberhasilan aktivitas Guru dan siswa masih dalam kategori Cukup.Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus II 63,33%,sedangkan ketuntassan hasil belajar siswa secara klasikal 63,33 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model picture and picture hasil Observasi Aktivitas Guru Siklus II 75 %,sedangkan hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus II 82%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa persentasi tingkat keberhasilan aktivitas Guru dan siswa masih dalam kategori Baik .Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus II 86,67 %,sedangkan ketuntassan hasil belajar siswa secara klasikal 86,67 %.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture And Picture Cooperative Learning Model, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIDrs. Sejahtera, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Feb 2020 09:08
Last Modified: 10 Feb 2021 06:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item