MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI SD NEGERI 047175 SIOSAR TAHUN AJARAN 2018/2019

TARIGAN, SABETA, 1505030367 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI SD NEGERI 047175 SIOSAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (750kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (875kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Staddan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 047175 Siosar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stadpada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stadpada materi gaya dan gerak di kelas enam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Stad Type Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IINurlia Ginting, M.Pd-NIDN. 0116099001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:18
Last Modified: 19 Mar 2021 04:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item