PENGARUH DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019

LIMBONG, SISKA ENJELIA, 1505030193 (2019) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran disiplin belajar siswa, gambaran hasil belajar siswa dan pengaruh disiplin terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019 dan Sampel dari penelitian ini adalah kelas VA 37 orang dan kelas VB 28 orang dengan total jumlah siswa 65 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil belajar siswa pada tema 7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signitifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata angket disiplin belajar yaitu sebesar 76,23 berkategori baik dan rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 74,52 berkategori tinggi. Hasil penelitian hipotesis diperoleh = 87,364 dan = 1,66 maka 87,364 >1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signitifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Discipline, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075901
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:57
Last Modified: 27 Jan 2021 03:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item