PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 040552 SAMPERAYA T.A 2024/2025

Karosekali, Eunice, 2105030201 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 040552 SAMPERAYA T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)
[img] Text
Abstrak Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (58kB)
[img] Text
BAB 1 Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2 Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
BAB 3-5 Eunice.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
Lampiran Eunice.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (954kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPAS yang tanpa menerapkan model pembelajaran Take and give di SDN 040552 Samperaya, Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Take and give di SDN 040552 Samperaya, mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Take and give terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 040552 Samperaya. Sebagai Populasi adalah siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB dengan jumlah siswa kelas IVA 25 orang dan Kelas IVB ada 26 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Dari analisis data dan hipotesis; (1) Hasil belajar siswa kelas IV pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPAS tanpa menerapkan model pembelajaran Take and Give di SDN 040552 Samperaya diperoleh nilai rata-rata 75,60. (2) Hasil belajar siswa kelas IV pada materi sumber daya alam mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give di SDN 040552 Samperaya diperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 90,38. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa materi sumber daya alam pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 040552 Samperaya Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Take and Give, Learning Results
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah S.Pd., M.Pd, S.Pd., M.PdIrwansyah@gmail.com0115098701
Pembimbing IIRenato Gema Nugraha Hutabarat Ss.,M.Pd, SS.,M.PdRenato@gmail.com0106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eunice Eunice br karosekali Lulu
Date Deposited: 22 Mar 2025 01:42
Last Modified: 22 Mar 2025 01:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item