PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INQUIRY BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI DALAM PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA KELAS IV SD SWASTA RK FR XAVERIUS PASAR IIIT.A 2018/2019

SEMBIRING, PRISTILA SARI BR, 1505030244 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INQUIRY BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI DALAM PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA KELAS IV SD SWASTA RK FR XAVERIUS PASAR IIIT.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Inquiry Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan Metode Ekspositori Dalam Pelajaran IPA Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Pada Kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy exspriment, penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III yang berjumlah 53 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang erbagi menjadi dua kelas parallel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes essay dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan adalah uji normaitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen anatar dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pemehaman membaca siswa setelah menggunakan Metode Inquiry Besed Learning di kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 82,67 dan hasil belajar siswa setelah menggunakan Metode Ekspositori di kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 74,6. Hasil belajar IPA sesudah menggunakan metode Inquiry Besed Learning lebih baik daripada metode Ekpositori pada siswa kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Mothods Inquiry Based Learning And Mothods Ekspositori
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:02
Last Modified: 24 Feb 2020 03:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item