MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040471 KP.MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, PRICHILIA BR, 1505030214 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040471 KP.MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (861kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 040471 Kp. Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040471 Kp. Merdeka yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 040471 Kp. Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 66 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 21 siswa tuntas (65,62%) dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa (34,38%) dari 32 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 65,62% dan nilai rata-rata 56,56. Hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 68,6% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 82 dengan kategori baik, ketuntasan belajar secara individu yaitu 28 siswa tuntas (87,5%) dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa (13,5%) dari 32 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 87,5% dan nilai rata-rata 78,13.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type STAD
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:22
Last Modified: 19 Mar 2021 07:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item