PENGARUH PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PERSOALAN FAKTUAL DI KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR T.A 2018/2019

HAFNI, FAUZIAH, 1505030155 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PERSOALAN FAKTUAL DI KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (742kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran metode debat dan pembelajaran metode konvensional pada materi persoalan faktual. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor pada tanggal 01 April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor yang berjumlah 54 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh keterampilan berbicara siswa menggunakan pembelajaran metode debat memperoleh rata-rata 78,15 dan pembelajaran metode Konvensional memperoleh rata-rata 73,33. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Keterampilan berbicara pada metode pembelajaran debat lebih baik daripada menggunakan metode konvensional di kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Speaking Skills, Learning Outcomes, Debate Learning Methods, Conventional Learning Methods
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:34
Last Modified: 20 Jan 2021 02:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item