PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 065013 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025

SURBAKTI, DEA DELIANA BR, 2105030363 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 065013 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (725kB)
[img] Text
BAB II (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (991kB)
[img] Text
BAB III-V (2).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (725kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan pengaruh penggunaan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa yakin seluruh siswa kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian Quasi eksperimen. Kelas IIIA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunkan model pembelajaran Children Learning In Science dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk essay test. Hasil nilai rata-rata pretest kelas IIIA 41,02 dan kelas IIIB 46,66. Setelah kedua kelas di berikan perlakuan yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunkan model pembelajaran Children Learning in Science yaitu 82,07 dan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunkan model pembelajara konvensional yaitu 80,00. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh atau 0,78 > -1,68 sehingga H₀ ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Children Learning In Science , Science Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pdsimbolonrinci@gmail.com121118703
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username dea deliana
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:56
Last Modified: 26 Mar 2025 01:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item