MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN 2018/2019

TARIGAN, HELENA BR, 1505030021 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan Pokok Bahasan Globalisasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match di Kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi Penelitian ini adalah SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 28 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 57.23 % dan aktivitas siswa berkategori cukup dengan nilai 67.69. Ketuntasan individu 17 orang siswa yang tuntas dan 11 orang siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal 60.71 % yang tuntas dan 39.29 % yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 64.64. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 73.07 % dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu 75.38 dari ketuntasan individu yang tuntas belajarnya yaitu 26 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 2 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada Siklus II yaitu 92.86 % yang tuntas dan 7.14 % yang tidak tuntas dan nilai rata-rata siswa 87.85.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Index Card Match
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:00
Last Modified: 20 Mar 2021 03:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item