PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, ROSMALINDA, 1505030246 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (609kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (213kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar yang berjumlah 55 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingdengan alat pengumpulan data yaitu test dalam berupa pilihan berganda. Dari hasil penelitian yang dilalukan pada pelaksanaan Post Test, hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingpada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V memperoleh nilai rata-rata 82,59 sedangkan yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,00. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator Learning Model and Explaining, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:35
Last Modified: 24 Feb 2020 04:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item