UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 043934 KABANJAHE T.P 2018/2019

SURBAKTI, SEPTIANI THERESIA BR, 1505030087 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 043934 KABANJAHE T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (801kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (890kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 043934 Kabanjahe T.P 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 043934 Kabanjahe T.P 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 043934 Kabanjahe T.P 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran pada Materi Gerak Benda dengan menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh aktivitas guru yaitu 60% berkategori cukup dan aktivitas siswa yaitu 68 berkategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu siswa tuntas 16 siswa (53.33%), siswa tidak tuntas yaitu 14 siswa (46.67%) dan ketuntasan siswa secara klasikal yaitu 53.33%, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian siklus II diperoleh aktivitas guru 76% berkategori baik dan aktivitas siswa yaitu 92 berkategori sangat baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu siswa tuntas 26 siswa (86%) dan tidak tuntas 4 siswa(13%), dan ketuntasan siswa secara klasikal yaitu 83.33, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 80.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Word Square Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 06:56
Last Modified: 22 Mar 2021 08:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item