MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BARUS, ADE METHA BR, 1505030055 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (300kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan model KooperatipTipe STAD serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS di kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Bertingkat Raya yang berlokasi di Raya Berastagi yang siswanya berjumlah 28 orang siswa Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan waktu pelaksanaan 1 siklus adalah 2x35 menit. Objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran . Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pemelajaran kategori cukup dimana aktivitas guru sebesar 59,40%, aktivitas siswa sebesar 58 siswa yang tuntas 17 orang siswa (60,71%), siswa yang tidak tuntas 11 orang siswa (39,29%), dari 28orang siswa dan belum tuntas secara klasikal karena siswa klasikal siswa tuntas harus ≥85% nilai rata-rata siswa 62,86. Maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus ll pelaksanaan pemelajaran kategori baik aktivitas guru sebesar 80,4%, aktivitas siswa 84, siswa yg tuntas 19 orang siswa (89,29%), sedangkan tidak tuntas sebanyak 3 orang atau (10,71%) dari 28 orang siswa dan sudah dapat dikatakan tuntas secara klasikal karna sudah ≥85%, nilai rata-rata 77,5.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Cooperative STAD
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:01
Last Modified: 21 Nov 2020 03:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item