Sembiring, Gracia Kinathana Br, 2105030375 (2025) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MATERI PERMUKAAN BUMI LITOSFER, HIDROSFER DAN ATMOSFER DI SD NEGERI 058324 PUNGAI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (904kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (402kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media diorama, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media diorama dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 058324 Pungai. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Dengan siswa kelas VA sebanyak 28 siswa menjadi kelas eksperimen, menggunakan media diorama. Kemudian kelas VB sebanyak 27 siswa menjadi kelas kontrol, menggunakan tanpa menggunakan media diorama. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh hasil pre-test kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata 34,64 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan media diorama maka kelas eksperimen diberi soal post-test yang diperoleh kelas eksperimen dengan rata-rata 77,57. Sedangkan hasil pre-test yang diperoleh kelas kontrol dengan rata-rata 45,66 dan setelah melakukan perlakuan dengan tanpa menggunakan media diorama kemudian kelas kontrol diberi soal post-test yang diperoleh kelas kontrol dengan rata-rata 66,07. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan maka memperoleh thitung = 3,52 dan ttabel = 1,67 yang diperoleh dari hasil interpolasi data tabel t yaitu 1,67412. Maka diperoleh thitung > ttabel (3,52 > 1,67) yang artinya maka Ho ditolak H1 diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan menggunakan media diorama pada hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 058324 Pungai. Berdasarkan hasil nilai rata-rata Post-test yang diperoleh oleh siswa kelas V menggunakan media diorama maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas penggunaan tanpa media diorama. Maka dapat disimpulkan dengan menggunakan media diorama pada saat pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan tanpa menggunakan media diorama. Kata kunci: hasil belajar, media diorama.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Learning Model Picture and Picture | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Gracia Kinathana | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2025 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Apr 2025 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |