NABABAN, DEBY NATALIA BR, 2105030222 (2025) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI SASTRA DONGENG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060971 T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (329kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (56kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (639kB) |
Abstract
Proses pembelajaran apresiasi sastra dongeng di sekolah dasar memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, imajinasi, dan pemahaman moral siswa. Namun, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam apresiasi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar apresiasi sastra dongeng pada siswa kelas IV SD Negeri 060971. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060971 yang terdiri dari dua kelas dengan total 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu 20 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media boneka tangan dan 20 siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 78,5, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 71. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar apresiasi sastra dongeng siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Hand Puppet Media, Learning Outcomes, Fairy Tale Literature Appreciation | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Deby Natalia Br Nababan | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 09:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 09:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |