BARUS, SELVIANI BR, 2105030367 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (557kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (154kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pelajar 2024/2025. Metode yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif dengan One Group Pretes – Posstes Design. Instrumen yang di gunakan peneliti adalah tes untuk digunakan dalam mengumulpulkan data tentang hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan total sampel VA 25 orang siswa dan VB 19 orang siswa. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan model PBL dan kelas kontrol Tanpa menggunakan model PBL. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL berbantuan memperoleh nilai rata-rata 85,46, termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang tanpa Menggunakan Model PBL memperoleh nilai rata-rata 74,74, termasuk kriteria sedang. Maka dapat di simpulkan bahawa terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku kaya raya Kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning Outcomes, Problem-Based Learning (PBL), Natural and Social Sciences IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username SELVIANI BR BARUS | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 12:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 12:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |