PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

BARUS, SELVIANI BR, 2105030367 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pelajar 2024/2025. Metode yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif dengan One Group Pretes – Posstes Design. Instrumen yang di gunakan peneliti adalah tes untuk digunakan dalam mengumulpulkan data tentang hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan total sampel VA 25 orang siswa dan VB 19 orang siswa. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan model PBL dan kelas kontrol Tanpa menggunakan model PBL. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL berbantuan memperoleh nilai rata-rata 85,46, termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang tanpa Menggunakan Model PBL memperoleh nilai rata-rata 74,74, termasuk kriteria sedang. Maka dapat di simpulkan bahawa terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku kaya raya Kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Problem-Based Learning (PBL), Natural and Social Sciences IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username SELVIANI BR BARUS
Date Deposited: 13 May 2025 12:38
Last Modified: 13 May 2025 12:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item