PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SDN 068004 MATA PELAJARAN IPAS T.A 2024/2025

DANA PELANGI, 2105030434 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SDN 068004 MATA PELAJARAN IPAS T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS dikelas V SD Negeri 068004 Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay yang terdiri dari 5 soal. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan berupa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menerima perlakuan tanpa model pembelajaran Problem Based Learning. Setelah kedua kelas diberi perlakuan, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas V SD Negeri 068004 Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) lebih tinggi yaitu 86,08 dibandingkan hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) yaitu 68,77. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 8,43 sedangkan nilai ttabel = 2,01 maka nilai thitung > ttabel atau 8,43 > 2,01. Sehingga diterima Ha atau ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa siswa kelas V UPT SDN 068004 pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Sience, Problem Based Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. YASON MENDROFA, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 102075901
Pembimbing IIR.L. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username DANA PELANGI
Date Deposited: 09 May 2025 03:39
Last Modified: 09 May 2025 03:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3276

Actions (login required)

View Item View Item