PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 064990 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

AYU PUSPITA SARI BR STP,NANDIRA, 2105030098 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 064990 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.

[img] Text
COVER NANDIRAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
ABSTRAK Nandira .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)
[img] Text
BAB I nandira .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
BAB II nandira .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB III - V nandira.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA nandira.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN nandira .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui (1) keterampilan berbicara siswa tanpa menggunakan metodeRole Playing kelas V SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 (2) keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Role Playing SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025. (3) adanya pengaruh yang signifikan metodePembelajaran Role Playingdengan metode Pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berbicara siswa SDN 064990Medan Johor T.P 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064990 Medan Johor pada semester ganjil T.P 2024/2025, populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 60 orang, Terdiri dari kelas VA kontrol 30 orang siswa dan di kelas V-B eksperimen 30 orang siswa. Alat penggumpulan data berupa rubrik penilaian dan observasi. Hasil penelitian keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 dengan menggunakan metode Pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata pada pre test 45,3 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 83, hasil keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 tanpa menggunakan metode Pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata pada pre test 43,9 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 71,6, terdapat pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara pada Pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 064990 Medan Johor T.P 2024/2025, berdasarkan analisis data diperoleh tes maka keterampilan berbicara pada mata Pembelajaranbahasa Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing maka hipotesis menggunakan uji T, dengan taraf 0,05 diperoleh nilai Thitung=4,54 dan Ttabel =1,67 maka nilai Thitung>Ttabel Maka hipotesis (H0) ditolak dan (H1) diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indonesian, Speaking Skills, , Role Playing Method
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.com1229038101
Pembimbing IIRINCI SIMBOLON, S.Pd, M.Pdsimbolonrinci@gmail.com0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nandira Ayu
Date Deposited: 21 May 2025 01:58
Last Modified: 21 May 2025 01:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item