AYU PUSPITA SARI BR STP,NANDIRA, 2105030098 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 064990 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.
![]() |
Text
COVER NANDIRAA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (296kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Nandira .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB I nandira .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB II nandira .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB III - V nandira.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA nandira.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (58kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN nandira .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui (1) keterampilan berbicara siswa tanpa menggunakan metodeRole Playing kelas V SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 (2) keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Role Playing SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025. (3) adanya pengaruh yang signifikan metodePembelajaran Role Playingdengan metode Pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berbicara siswa SDN 064990Medan Johor T.P 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064990 Medan Johor pada semester ganjil T.P 2024/2025, populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 60 orang, Terdiri dari kelas VA kontrol 30 orang siswa dan di kelas V-B eksperimen 30 orang siswa. Alat penggumpulan data berupa rubrik penilaian dan observasi. Hasil penelitian keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 dengan menggunakan metode Pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata pada pre test 45,3 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 83, hasil keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 064990 Medan Johor T.P 2024/2025 tanpa menggunakan metode Pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata pada pre test 43,9 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 71,6, terdapat pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara pada Pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 064990 Medan Johor T.P 2024/2025, berdasarkan analisis data diperoleh tes maka keterampilan berbicara pada mata Pembelajaranbahasa Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing maka hipotesis menggunakan uji T, dengan taraf 0,05 diperoleh nilai Thitung=4,54 dan Ttabel =1,67 maka nilai Thitung>Ttabel Maka hipotesis (H0) ditolak dan (H1) diterima.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indonesian, Speaking Skills, , Role Playing Method | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Nandira Ayu | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 01:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 01:58 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |