SEMBIRING, NURUL ARIFIN BR, 2105030004 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG DI KELAS IV UPT SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (320kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (969kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (110kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan materi pola hidup bergotong royong terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu terdiri dua kelas IV-B berjumlah 25 siswa dan IV-C berjumlah 25 siswa. Sampel dari penilitian ini 50 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 58,4. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 84,52. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan jumlah nilai hasil belajat diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehinngga diperoleh data nilai posttest kelas IV yaitu thitung 5,14> ttabel 2,010, maka dapat disimpulkan disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Cooperative learning model, jigsaw | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username NURUL ARIFIN BR SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 May 2025 05:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 May 2025 05:16 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |