PENGARUH MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PANCASILA DI KELAS III SD RK NEGARA KEC. STM HILIR T.P 2024/2025

BERUTU, NOLA HASIAN BR, 2105030096 (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PANCASILA DI KELAS III SD RK NEGARA KEC. STM HILIR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (616kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (458kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (525kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media papan kantong mata pelajaran Pkn Materi Pancasila di kelas III SD RK Negara Kec. STM Hilir T.P 2024/2025. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media papan kantong pada mata pelajaran Pkn materi Pancasila di kelas III SD RK Negara Kec. STM Hilir T.P 2024/2025. 3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media papan kantong pada mata pelajaran Pkn materi Pancasila di kelas III SD RK Negara Kec. STM Hilir T.P 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD RK Negara Kec. STH Hilir T.P 2024/20245. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III berjumlah 24 siswa. Sampel dari penelitian ini 24 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media papan kantong 58,75. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media papan kantong yaitu 87,5. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas III yaitu thitung 19.398 > ttabel 1.713, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media papan kantong terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pkn materi Pancasila di kelas III SD RK Negara Kec. STM Hilir T.P 2024/2025. Kata Kunci: Hasil belajar, media papan kantong, Pelajaran Pkn.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, S.Pd.,M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIP.0110068902
Pembimbing IIAras Firdaus, S.H.,MHrechtraz@gmail.comNIP.0104019002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nola Hasian
Date Deposited: 15 May 2025 03:54
Last Modified: 15 May 2025 03:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item