PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 5 LUMBAN PINGGOL T.P 2024/2025

Purba Devi Fitriani, 2105030179 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 5 LUMBAN PINGGOL T.P 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Quality.

[img] Text
COVER DEVI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
BAB 1 DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (75kB)
[img] Text
BAB 2 DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB 3 - 5 DEVI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEVI (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch yang layak digunakan pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 5 Lumban Pinggol. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Lumban Pinggol sebagai uji coba sekala kecil diambil 5 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validasi dari ahli media memperoleh presentase 91,6% dengan kategori sangat valid dan validasi dari ahli materi memperoleh nilai presentase 78,1% dengan kategori valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran game interaktif berbasis powerpoint yang dilakukan oleh guru wali kelas IV memperoleh hasil presentase 98% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh respon peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Lumban Pinggol memperoleh hasil data nilai presentase 91,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch layak digunakan dan diterapkan pada pembelajaran IPAS kelas IV karena telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Scratch, IPAS, ADDIE

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, M.PdRestioidebang@gmail.comNIDN.0129038101
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN.10026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Devi Fitriani
Date Deposited: 17 May 2025 03:38
Last Modified: 17 May 2025 03:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item