PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2024/2025

MARSELINA BR GINTING,NURIH, 2105030103 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.

[img] Text
COVER NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
ABSTRAK NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (78kB)
[img] Text
BAB I NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (116kB)
[img] Text
BAB II NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[img] Text
BAB III - V NURIH.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
LAMPIRAN NURIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL), 2) hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis buku paket siswa, 3) pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas eksperimen 30 orang siswa, dan kelas kontrol 25 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes essay, data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 1) hasil belajar IPAS siswa pada materi Transformasi Energi di Kita dengan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji t untuk data kelas IV-A yang di ajarkan dengan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) mendapat nilai rata-rata 93,16 dan kelas IV-B yang diajarkan dengan penggunaan LKPD Berbasis buku paket siswa mendapat nilai rata-rata 84,4. Berdasarkan perhitungan statistika untuk data kelas IV-A dan IV-B diperoleh thitung 530 > ttabel 1,67 maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Use of LKPD, Contextual Teaching Learning (CTL) Model, Learning Outcomes.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Pembimbing IIDrs. Sejahtra, M.Pdsejahtra.212@gmail.com0017096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nurih
Date Deposited: 13 May 2025 05:22
Last Modified: 13 May 2025 05:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item