MARSELINA BR GINTING,NURIH, 2105030103 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.
![]() |
Text
COVER NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (255kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB I NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB II NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB III - V NURIH.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (38kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN NURIH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL), 2) hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis buku paket siswa, 3) pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas eksperimen 30 orang siswa, dan kelas kontrol 25 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes essay, data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 1) hasil belajar IPAS siswa pada materi Transformasi Energi di Kita dengan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji t untuk data kelas IV-A yang di ajarkan dengan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) mendapat nilai rata-rata 93,16 dan kelas IV-B yang diajarkan dengan penggunaan LKPD Berbasis buku paket siswa mendapat nilai rata-rata 84,4. Berdasarkan perhitungan statistika untuk data kelas IV-A dan IV-B diperoleh thitung 530 > ttabel 1,67 maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Use of LKPD, Contextual Teaching Learning (CTL) Model, Learning Outcomes. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Nurih | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 05:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 05:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |