BARUS, MAYA VINSENSIA BR, 2105030191 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD PUTRA BANGSA BERBUDI DELI TUA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (260kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB I MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB III-V MAYA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (317kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN MAYA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (781kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video berbasis canva yang layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Putra Bangsa Berbudi Deli Tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SD Putra Bangsa Berbudi Deli Tua. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran video berbasis canva. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video berbasis canva adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru, serta angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validasi dari ahli media memperoleh presentase 83 % dengan kategori sangat valid dan validasi dari ahli materi memperoleh nilai presentase 100 % dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran video berbasis canva yang dilakukan oleh guru wali kelas II memperoleh hasil presentase 100 % dengan kategori sangat praktis dan hasil uji tes skala kecil minat belajar siswa kelas II dengan persentase 92 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video berbasis canva layak digunakan dan diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia karena telah memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan membantu meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canva, Research & Development, Interesting Learning, Learning Videos | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Maya Vinsensia | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2025 03:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2025 03:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |