SIHOTANG MARITO, 2105030376 (0010) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 067243 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (337kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (847kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (254kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media diorama pada materi siklus air kelas V SD Negeri 067243 Medan tahun pelajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 067243 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 november 2024 di SD Negeri 067243 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067243 Medan, berjumlah 21 orang siswa yaitu 9 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Jenis disain penelitian ini adalah one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus air diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,76 belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media diorama diperole nilai rata-rata posttest 85,71dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terdapat pengaruh signifikan diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 43,01 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t tabel 1,725, t hitung > t tabel maka hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 067243 Medan TP 2024/2025. Kata Kunci: Siklus Air, Diorama, Hasil belajar
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | water cycle, diorama, learning outcomes. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Marito Sihotang | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 03:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 03:17 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |