PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 067243 MEDAN T.A 2024/2025

SIHOTANG MARITO, 2105030376 (0010) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 067243 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (847kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media diorama pada materi siklus air kelas V SD Negeri 067243 Medan tahun pelajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 067243 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 november 2024 di SD Negeri 067243 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067243 Medan, berjumlah 21 orang siswa yaitu 9 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Jenis disain penelitian ini adalah one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus air diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,76 belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media diorama diperole nilai rata-rata posttest 85,71dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terdapat pengaruh signifikan diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 43,01 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t tabel 1,725, t hitung > t tabel maka hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 067243 Medan TP 2024/2025. Kata Kunci: Siklus Air, Diorama, Hasil belajar

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: water cycle, diorama, learning outcomes.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Daliani, S.Pd., M.Sidosen@gmail.com1028088804
Pembimbing IIrupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pddosen@gmail.com0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Marito Sihotang
Date Deposited: 16 May 2025 03:17
Last Modified: 16 May 2025 03:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item