PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 060937 MEDAN T.A 2024/2025

BERUTU, ESRA D A, 2105030398 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 060937 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar IPAS serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN 060937 Medan tahun ajaran 2024/2025. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 060937 Medan, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design yang menggunakan dua kelas. Intrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 060937 Medan yaitu sebanyak 47 siswa dan sampel yaitu 24 siswa kelas IV B dan 23 orang siswa kelas IV A. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah perlakuan mengajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz memperoleh rata rata 85,65 sementara siswa yang tanpa model pembelajaran kooperatif tipe team quiz memperoleh nilai rata rata 75,41. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat di kelas IV SDN 060937 Medan Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: IPAS, Learning Outcomes, Team Quiz Type Learning Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Esra D A Berutu
Date Deposited: 08 May 2025 04:17
Last Modified: 08 May 2025 04:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item