PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 101801 DELI TUA T.A 2024/2025

FEBI YOLANTA TARIGAN, TARIGAN (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 101801 DELI TUA T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar sisiwa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV-SDN 101801 Deli Tua T.P 2024/2025, untuk mengetahui hasil belajar siswa`dengan menggunakan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 101801 Deli Tua T.P 2024/2025.Lokasi dan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN 101801 Deli Tua T.P 2024/2025 pada tanggal 05-06 Desember 2024 yang menjadi subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV-A dan IV-B dengan jumlah siswa kelas IV-A sebanyak 30 orang dan IV-B sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan instrument test essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sisiwa di kelas IV-B mendapat nilai rata-rata 40,7 dan setelah dilakukan post test dengan meberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia, nilai rata-rata hasil tes akhir siswa kelas IV-B menjadi 82,6. Dan hasil belajar di kelas IV-A memperoleh rata-rata 42,96 setelah dilakukan post test dengan memnerikan pembelajaran tanpa menunggunakan media pembelajaran berbasis multimedia siswa kelas IV-A memperoleh nilai rata-rata 74,3. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t-test, diperoleh thitung=3,05 > ttabel =2,006. Dengan demikian dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajaran siswa kelas IV SDN 101801 Deli Tua T.P 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Results, Multimedia, Indonesia
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
UNSPECIFIEDHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username febi yolanta
Date Deposited: 09 May 2025 05:29
Last Modified: 09 May 2025 05:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item