PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH T.P 2024/2025

GINTING, ROSMETA BR, 2105030074 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Caver.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Rosmeta.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
Bab I (11).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Bab III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi pada materi tanggung jawab pada siswa kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2024/2025, 2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada materi tanggung jawab pada siswa kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2024/2025, 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi tanggung jawab siswa kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2024/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060833 Medan Petisah dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa dikelas eksperimen 22 orang siswa, dan dikelas kontrol 24 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes pilihan berganda, data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi pada materi tanggung jawab kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan petisah T.P 2024/2025 memperoleh nilai rata-rata pretest 50 dan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 67 dengan kriteria cukup baik. (2) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran PKn materi tanggung jawab dikelas III SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2024/2025 memperoleh nilai rata-rata pretest 45dan pada nilai posttest 93,6 dengan kriteria sangat baik. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar PKn siswa materi tanggung jawab dikelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2024/2025. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Siswa SD

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Animation Video, Learning Outcomes, Citizenship Education, Elementary School Students
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd., M.Pdiirwansyah135@gmail.comNIDN 115098701
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Rosmeta
Date Deposited: 16 May 2025 04:26
Last Modified: 16 May 2025 04:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item