KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LESTARI, DEVI AYU, 1405010023 (2019) KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (667kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak tiga kelas dengan jumlah 93 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas XI MIPA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas XI MIPA A sebanyak 28 siswa dan jumlah siswa kelas XI MIPA C sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian yang dibatasi pada soal C_3 sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata 83 sedangkan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 80, dan kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Ability, Problem-Based Learning Model, Resolving Linear Program Problems
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:38
Last Modified: 27 Jan 2021 03:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item