PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SD NEGERI 107423 TANJUNG GARBUS TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SEMBIRING, ELISABET BR, 2105030364 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SD NEGERI 107423 TANJUNG GARBUS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus Tahun Pelajaran 2024/2025, Penelitian ini juga untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus Tahun Pelajaran 2024/2025. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain yang menggunakan dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus yaitu sebanyak 48 siswa dan sampel yaitu 25 siswa kelas III A dan 23 orang siswa kelas III B. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah perlakuan mengajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick memperoleh Rata-rata 86,4 termasuk kriteria sangat baik. sementara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional Rata-rata75,86 termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan pembelajaran IPAS materi Sumber Energi di kelas III SD Negeri 107423 Tanjung Garbus Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, IPAS, Talking Stick Type Cooperative Learning Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Elisabet br sembiring
Date Deposited: 13 May 2025 04:09
Last Modified: 13 May 2025 04:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item